Peulintek dengan ParPol ternyata saudara Tiri




Berbicara soalan Peulintek (bhs.aceh) yaitu alat perangkan burung yang terdiri dari seutas benang diikat pada sebilah kayu yang tertancap kuat ditanah, disekelilingnya ditaburi dengan beras dan padi untuk memancing kehadiran burung agar hinggap.

 ehh,, suatu hari teman saya bercerita bahwa peulintek itu mempunyai saudara tiri, namanya Partai Politik. Betapa tidak, katanya setiap parpol itu selalu membaikkan citra nya dengan menderma, memberi bantuan berupa pembangunan fisik dan materi kepada masyarakat yang tentunya bertujuan untuk menarik simpati, guna menuai suara yang banyak dalam pemilu. 

Katakanlah para penderma itu adalah orang orang yang hanif tidak seperti peulintek karena peulintek tidak punya hati, namun demikian pelintek tidak pernah mencaci atau merendahkan sesamanya. berbeda dengan parpol yang punya hati namun satu sama lain saling menjatuhkan untuk mendapatkan kekuasaan.




Ibarat panjat pinang tujuh belasan. batang yang dilumuri dengan gemuk yang kotor dan licin adalah tujuan dari setiap peserta panjat pinang. mereka saling berkerumun untuk memanjat cita cita yang tergantung pada pucuk batang pinang, disana banyak hadiah, banyak cendera mata, banyak barang mewah, satu sama lain saling menjatuhkan, sikut menyikut pun terjadi, kaki memijak bahu kawan, tak ayal kepala pun jadi sasaran pijakan untuk mencapai kekuasaan,,

 [karena terlalu ngeri untuk membayangkan hal ini, ah,, saya memilih untuk tidak mendengarkan lagi cerita nya]

Posting Komentar