mengisi materi dadakan

minggu kemarin, saat saya sedang duduk duduk santai di kamar sembari mendengarkan lagu favorit dari saujana "suci sekeping hati" suasana nya begitu tenang, rasa rasanya kenapa tidak setiap hari ada suasana seperti ini, biasanya saya dikantor kalau siang tidak pulang, karena jarak kantor dengan rumah lumayan jauh. tiba tiba hp bunyi, ups,, bergegas meraih nya dan saya dapati ternyata telpon dari ketua IMKa (ikatan mahasiswa kuta baro),,, ouwoh,, ada apa ini hari minggu telpon dan siang siang pula,, ternyata saudara saudara,,,, saya diminta untuk mengisi materi di pelatihan dasar kepengurusan sekret IMKa yang baru,, hmmm.. saya sedikit menggerutu,, kenapa tiba tiba sekali tanpa informasi jauh jauh hari atau setidaknya sedari tadi pagi kek.. beliau mengatakan bahwa sudah menginformasikan kepada saya sedari tadi malam melalui group online. hanya saja saya tidak merespon, makanya beliau hubungi lagi via phone siang ini untuk memastikan bahwa saya akan hadir.
kesalahannya ada dipihak saya karena sibuk santai2 saya jadi tidak mengupdate info di sosisal media.
baiklah..hmmm... apaboleh buat, saya tidak mungkin lagi mengatakan tidak bersedia karena acaranya satu jam lagi dimulai, sementara pemati penggantinya belum tentu ada atau belum tentu bersedia mengisi acara dadakan begini,

baiklah,, saya menjawab permintaan beliau dengan nada yang lemah dan sedikit lenguh nafas itu terdengar oleh diri sendiri, apa yang terjadi terjadilah, mudah mudahan ini akan mudah, saya tanya apa tema yang semestinya saya sampaikan, beliau memberi kan interupsi kepada saya untuk memberikan pandangan mengenai peran mahasiswi dalam sebuah organisasi, tentang program kerja bidang keperempuan dan motivasi. auh,, rempong juga ni.. :D

sudah kebiasaan dimana ketika saya akan mengisi materi disebuah diskusi atau training saya akan menulis point point yang akan saya sampaikan.. disamping juga ini akan membantu saya untuk tidak kehilangan kontrol pembicaraan, secara saudara tahu kebiasaan perempuan kan,,membebel itu sudah jadi bawaan lahir,, :D

belum selesai sebuah perkara dimana saya harus berfikir tentang susunan bahan pembicaraan, ada seseorang yang datang,, ruapanya dek sarah,, hmm ada apa gerangan ya,, ternyata saudara saudara dek sarah minta di tuliskan teks pidato untuk nya. minggu depan dia akan ikut lomba pidato dalam rangka menyambut maulid nabi, dek sarah sudah beberapa kali memenangkan lomba pidato, an kali ini dia meminta saya yang menentukan tema pidato untuk dia sekaligus membuat teks yang akan dipelajari nya sebagai bahan untuk lomba pidato minggu depan,, ouuuwohh,, saya angap nasib baik sedang menimpa, baiklah kita selesaikan satu persatu

******




isi materi


acara nya sudah dimulai dari jam tiga siang,, saya sudah dikonfirmasi akan mengisi materi jam 4:15 pm setelah didahului oleh satu pemateri lainnya. setidaknya ini lebih baik karena saya bisa langsung shalat asar dulu dirumah sebelum berangkat ke kecamatan.

Alhamdulillah saya datang tepat waktu, langsung saja saya dipersilahkan untuk mengambil tempat,

beberapa dari point yang saya sampaikan adalah
> penting nya ikut dalam sebuah organisasi
 organisasi adalah sebuah wadah yang mampu menampung aspirasi dari setiap anggota nya, tempat terbentuknya interaksi sosial yang mengusung sebuah misi, maka setiap orang akan merasakan akan adanya manfaat dari organisasi ketika dia bernaung dalam sebuah lembaga tersebut, dalam hal ini IMKa adalah organisasi untuk tingkatan mahasiswa maka setiap mahasiswa bisa menuangkan kiprahnya dalam ranah ini. seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual tidak akan memberi dampak yang berarti bilamana dia gagal dalam interaksi sosial. selesai studi s2 s3 luar negri dengan predikat cemerlang namun ketika dia berbaur dengan masyaraka dia tidak mampu memberikan sebuah kontribusi maka dia tidak lebih berguna dari seorang pemungut sampah yang pendidikan nya hanya setingkat menengah pertama. bagaimana bisa demikian??.. tolak ukur kepunyaan itu adalah dari manfaat nya, percuma punya banyak tapi yang dapat digunakan hanya sedikit,, mahasiswa itu adalah aset masyarakat, maka menempa diri untuk berinteraksi dengan masyarakat dapat dilakukan dengan berkiprah dalam sebuah organisasi.

> mahasiswa yang berorganisasi adalah mahasiswa yang cerdas.
organisasi bukan sebuah alasan seseorang untuk tidak fokus belajar, jangan karena sibuk didalam sebuah organisasi akhirnya seseorang menelantarkan kuliah nya, dan berdalih dengan termi yang tidak enak didengar "untuk apa lulus tepat waktu, yang penting lulus di waktu yang tepat"
adalah salah ketika seseorang menganggap bahwa menyelesaikan study dalam jangka waktu singkat itu tidak penting,,

 > harus berani menyampaikan pendapat

setelah menggabungkan diri dalam sebuah lembaga, maka kita harus berani menyampaikan pendapat kita, tak ubahnya begini, kita telah memilih masuk kedalam sebuah perairan yang air nya terus mengalir, maka upayakanlah bahtera kita dikuasai oleh diri kita bukan dikuasai oleh aliran air, jika ada kebijakan organisasi yang bertentangan dengan yang kita yakini benar maka kita harus berani mengutarakan pendapat, memberikan solusi dan memikirkan titik penyelesaiaan. orang bilang diam itu emas, namun ketahuilah bahwa berbicara pada saat yang tidak semestinya diam adalah berlian.

> keterlibatan perempuan dalam organisasi

disini kita tidak mengusung kesetaraan Gender, tapi lebih kepada memberikan kesempatan untuk perempuan mengambil andil dalam memajukan masyarakat, ada hal hal tertentu yang lebih mudah dipahami oleh perempuan, pun mahasiswa itu terdiri dari laki2 dan perempuan, maka sedah selayaknya organisasi digerakkan oleh keduanya agar berimbang.

sudah dulu ya,,
nulis itu memang jauh lebih rumit dari pada berbicara
 saya belum terbiasa.. :(





Posting Komentar