Teks Pidato untuk Dek Sarah








sebelumnya saya pernah cerita tentang dek Sarah datang kerumah siang siang ketika saya repot sedang mempersiapkan bahan bahan untuk mengisi materi training di IMKa,, untuk meminta saya menuliskan teks pidato maulid. dek sarah mau ikut lomba pidato di TPA nya.. spek pidato yang di request dek sarah kurang lebih begini:

1. singkat saja, karena dia tidak sanggup ngapal kalau teks nya panjang, pun durasi waktunya cuma 10 menit.
2. isinya tentang tujuan merayakan miladurrasul.

saya coba saja.. mudah mudahan tidak buruk hasilnya..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wasshalaatu wassalaamu ‘alaa asrafil anbiyaa' i  wal mursaliin wa'ala aalihi wasohbihi ajma'in, (amma ba'du)

Segala puja dan puji layaklah kita panjatkan kehadapan Allah  subhanallahu wata’ala. Allah yang menguasai hati dan ubun ubun manusia, yang menciptakan bumi dengan tujuh petala, menciptakan langit dengan tujuh petala jua, menciptakan surga dan neraka dan menciptakan kita makhluk dengan beragam rupa, ada yang mancung ada yang pesek,  pipi yang berlesung pun terlihat molek  hamba Allah tidak ada satupun  yang jelek. 

Selanjutnya shalawat dan salam kita sanjung sajikan kepangkuan baginda Rasulullah muhammad SAW, pemuda padang pasir yang berparas tampan, tutur bahasanya sopan, luhur budi pekerti dan yang selalu menyeru kita dengan panggilan ummati ummati..
Selanjutnya kepada para al dan sahabat yang seiring bahu seayun langkah demi tegaknya dua kalimah syahadah. Para tabi’, tabi’  tabi’in dan para ulama, semoga Allah menghimpunkan kita semua kembali bersama mereka di surganya, aamiin..

Yang saya hormati .... (ditambahkan sendiri ya,,siapa siapa yang ingin disebutkan nama nya, baik itu untuk dewan juri, dewan guru,,dll)

Ma’asyaral muslimin rahimakullah

Izinkan saya sejenak berdiri dihapan saudara saudara untuk sekedar berucap sepatah dua patah kata yang bertema  “urgensi peringatan miladur Rasul.”
Nabi Muhammad SAW lahir pada Tahun Gajah, yaitu tahun 570 M, yang merupakan tahun gagalnya Abrahah menyerang Mekkah. Bertepatan dengan hari senin taggal 12 rabiul awal.  Ayahnya, Abdullah, meninggal dalam perjalanan dagang di Madinah ketika rasulullah masih dalam kandungan. 

Pada saat Rasulullah berusia enam tahun, ibunya Aminah binti Wahab mengajaknya untuk mengunjungi keluarganya serta mengunjungi makam ayahnya. Namun dalam perjalanan pulang, ibunya jatuh sakit. Setelah beberapa hari, Aminah meninggal dunia di Abwa' yang terletak tidak jauh dari Yatsrib, dan dikuburkan di sana. Setelah ibunya meninggal, Rasulullah dijaga oleh kakeknya, 'Abd al-Muththalib. Setelah kakeknya meninggal, ia dijaga oleh pamannya, Abu Thalib.  

Ma’asyaral muslimin rahimakullah

Awal mula Perayaan maulid bertujuan untuk meningkatkan semangat juang umat Islam  dengan mempertebal kecintaan umat kepada Nabi mereka. salah satu kegiatan yang diadakan oleh Sultan Salahuddin pada peringatan Maulid Nabi yang pertama kali adalah menyelenggarakan sayembara penulisan riwayat Nabi beserta puji-pujian bagi Nabi dengan bahasa yang seindah mungkin. Pemenang yang menjadi juara pertama adalah Syaikh Ja`far Al-Barzanji. Karyanya yang dikenal sebagai Kitab Barzanji sampai sekarang sering dibaca masyarakat di kampung-kampung pada peringatan Maulid Nabi. Syeh Salahuddin al ayyubi  mengimbau umat Islam di seluruh dunia agar hari lahir Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal kalender Hijriyah diperingati setiap tahunnya diseluruh belahan negri kaum muslimin.

Saudara saudara,, saya beri sedikit gambaran tentang pentingnya perayaan maulid ini.
Jika seserang bertanya kepada kita siapa nama kakek kita maka kita akan mampu  menjawab, karena jarak masa antara keberadaannya kita masih dekat dengan kita sehingga mudah saja untuk kita mengingatnya.. namun jika di tanya siapakah nama dari kakek kakek kakeknya kakek kita, maka saya pastikan kita tidak akan tahu, konon lagi yang ditanya adalah seseorang yang hidup 1400 tahun. Maka melalui momentum maulid lah kita akan senantiasa menyegarkan ingatan kita terhadapbaginda Rasul, menumbuhkan rasa cinta terhadapanya. agar nanti kita bisa bersama dengan nya disurga. rasul pernah bersabda.

 “Al-Mar’u ma’a man ahabba (Seseorang akan bersama dengan orang yang dia cintai).” (Mutaffaq ‘alaih).




Kita memohon kepada Allah agar mengkehendaki kita selalu dalam kebaikan, menjadi penyambung estafet perjuangan rasulullah yaitu menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran, semoga Allah menjadi penolong bagi kita untuk menolong diri sendiri dari dimakan oleh api. Sehingga layak lah surga itu menjadi tempat kita untuk kembali,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan,, mohon maaf bila ada kata2 yang tidak berkenan. semoga dapat menjadi pengingat terutama bagi diri sendiri dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul kalam,,
Billahi taufiq wal hidayah
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu
 

Posting Komentar