Adab adalah kemasan bagi iman, ilmu dan tsaqafah

 
minggu kemarin saya diajak berbelanja ke pasar banda Aceh dengan uning (panggilan untuk kakak), setelah berkeliling sekitar dua jam akhirnya kami pulang dengan membawa hasil belanjaan masing masing.

hasil dari berbelanja tidak hanya berupa beberapa potong pakaian dan satu dua bungkus makanan, melainkan ada sekeping pelajaran hidup disana, mengenai bagaimana menjatuhkan pilihan untuk membeli, memilah dan memilih produk yang ingin kita miliki.

harus kita akui bahwa kualitas suatu produk ditentukan dari isi nya. komposisi didalam nya, masa pakainya bisa tahan lama, seorang konsumen akan memberikan apresiasi yang besar terhadap merek tertentu ketika telah teruji kualitas nya, namun agar tertarik untuk menguji produk ini tentunya mereka terlebih dahulu memperhatikan bungkusannya, seberkualitas apapun produk jika pembungkusnya tidak menarik maka konsumen tidak akan mendekat, alih alih lagi membeli atau mencari tahu isi nya.

demikian lah manusia, kualitas nya adalah ilmu, iman, dan tsaqafah, ketiga komponen ini bak pilar yang akan mentukan kokoh atau tidaknya sebuah bangunan. adapun sampul bagi manusia tersebut adalah ADAB, adab merupakan tampilan luar bagi seseorang, sampul yang melindungi kualitas nya tadi, payung yang melindunginya dari terik sinar dan basah hujan, ada kuallitas tanpa sampul maka orang tidak akan cenderung untuk bersahabat dengan kita, demikian pula ada adab tanpa isi itu hanya tipu muslihat belaka,

Posting Komentar