Teks Pidato Da'i Cilik: ”Membaca Dapat Membuka Tabir Kehidupan”

By; buka lapak [dot] com



ا سلا م عليكم و ر حمت ا لله و بر كا ته
الحمد الله, الحمد الله الذ إنعام علينا ب نعمت الئيمن و الئسلم. اشهد ا ن لا اله ا لا الله و اشهد ا ن محمدا ر سو ل الله
. اللهم صل عل محمد و عل ال سيد نا محمد. ا م بعد !

(Muqaddimah) 

Tiada kata yang paling indah yang patut dilantunkan dari lidah setiap hamba selain memuja dan memuji Allah SWT. Pencipta alam semesta, yang kekuasaannya meliputi seluruh jagad raya. Allah lah yang telah memberikan kita nikmat yang paling istimewa diantara nikmat lainnya yaitu nikmat iman dan nikmat islam, sehingga dengan dianugrahkannnya nikmat tersebut, kita semua dapat merasakan manisnya kehidupan dalam agama yang benar di sisi-Nya.

Shalawat berangkaikan salam, marilah sama-sama kita kirimkan kepada seorang pemuda pahlawan sedunia yang telah mengorbankan hidupnya demi memperjuangkan agama islam, yakni agama yang diridhai oleh Allah SWT. Beliaulah yang telah memperbaiki akhlak manusia sehingga menjadi hamba Allah yan bertakwa. Beliau adalah pemuda yang terganteng di dunia, dan terbaik diantara yang terbaik, yakni baginda Nabi besar Muhammad SAW.

Dan tak lupa pula shalawat dan salam kita hadiahkan kepada Al dan sahabat beliau sekalian yang telah berjuang membantu rasulullah dalam menegakkan kalimatul haq yakni kalimah:

لا ا له الا ا لله , محمد ر سو ل ا الله

Penghormatan saya (sebutkan siapa saja yang akan diberi penghormatan)
Baiklah, dalam kesempatan emas kali ini. Saya akan menguraikan sebuah paparan penting yang berjudul;
(Isi)
Membaca Dapat Membuka Tabir Kehidupan

Kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah. Allah SWT berfirman dalam Al Qur-an Surat Al ‘Alaq.


Yang artinya:
"Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpat darah. Bacalah dan Tuhanmu lah yang maha mulia yang mengajarkan manusia dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Surat Al-alaq tersebut adalah yang pertama diturunkan oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW, yang berisi tentang anjuran untuk membaca. Apa sebabnya Allah memerintahkan kita untuk membaca?, karena dengan membacalah akan membuka hijab-hijab ilmu pengetahuan, baik pengetahuan tentang akhirat maupun tentang dunia. Dengan membacalah akan membuka tabir – tabir kehidupan diseluruh pelosok dunia.

Kaum muslimah para penuntut ilmu yang dirahmati Allah. Banyak tentang ilmu alam yang tercantum dalam alqur-an, yang juga terdapat dalam ilmu biologi. Salah satunya mengenai air hujan. Sebagaimana dalam Al qur-an  surat Ar – Rum ayat 48, yang artinya:

“Allah lah yang telah mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya dilangit menurut yang Dia kehendaki, dan menjadikannya bergumpal-gumpal, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah celahnya. Maka apabila Dia menurunkannya kepada hamba-Nya yang Dia kehendaki, tiba tiba mereka gembira”

Dari ayat diatas jelas bahwa tak hanya yang berisikan tentang ukhrawi saja yang ada dalam al qur-an. Akan tetapi tentang duniawi pun tak kalah bandingnya, namun hanya bagi orang-orang yang mau mempelajari yang mengetahuinya.

Begitu juga tentang pergantian siang dan malam, sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang berakal. Ternyata ribuan tahun yang lalu, Allah telah mengemukakannya dalam Al qur-anul karim. Maka, wahai ummat akhir zaman, perbanyaklah mengkaji ilmu pengetahuan agar wawasan luas mencakup seluruh dunia.

Kaum muslimin muslimat seiman dan seagama.

Dari uraian singkat diatas, dapat kita ambil beberapa intisari, diantaranya;
1.    Ilmu pengetahuan agama dan dunia, hanya akan didapat oleh orang-orang yang  mempelajarinya         dengan keyakinan yang teguh dan semangat yang menyala. 
2. Salah satu cara yang paling mudah untuk membuka tabir-tabir kehidupan diseluruh pelosok dunia,     dan terbuka hijab-hijab ilmu pengetahuan ialah dengan membaca.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang saya mohon maaf. Saya akhiri dengan lafaz yang sangat mulia.

و با لله تؤ فيق ؤ ا لهد ا يه – وا لسلا م علليكم و رحمة ا لله و بر كا ته








3 komentar

Jazakallaukhair, ijin share

Reply


fantastic put up, very informative. I ponder why the opposite specialists of this sector do not notice this. You must continue your writing. I am sure, you've a huge readers' base already! capitalone.com login

Reply

Posting Komentar