Wisata ke Sabang - Aceh


Kawasan Sabang adalah kawasan Pulau Weh (Sabang) dan Pulo Aceh (Aceh Besar) yang dikelola oleh Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS). Wisatawan yang hendak berlibur ke Sabang, dari Banda Aceh dapat menyeberang melalui Pelabuhan Ulee Lheu menuju Pelabuhan Balohan. Terdapat dua jenis kapal yang dapat ditumpangi yakni Kapal Cepat dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dan Kapal Fery dengan jarak tempuh hingga 2 jam. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi maka menggunakan Fery tentu saja akan menjadi pilihan Anda sebab kapal cepat tidak menyediakan layanan untuk membawa kendaraan.

Keindahan Sabang. Sumber; www[.]goodnewsfromindonesia[.]id


Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, di Sabang tersedia beberapa alat transportasi yang bisa dijadikan pilihan, seperti Taksi, Becak, Angkutan Umum dan jasa sewa mobil rental. Wisatawan boleh memilih yang mana saja untuk menikmati kenyamanan liburannya.

Ada banyak sekali destinasi wisata unggulan di Kawasan Sabang. Memilih untuk berlibur ke Sabang artinya seseorang telah melakukan pilihan bijak untuk mendapatkan paket lengkap wisata. Bagaimana tidak, di Sabang, semua spot indah. Pantai, Gunung, Pulau, Air Terjun, Gua, semua ada di sana. Sebut saja di antaranya; Pantai Iboih di Kecamatan Suka Karya – Kota Sabang. Pantai yang begitu indah sehingga sangat diminati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


Pantai Kasih di Desa Kuta Ateuh, Kecamatan Suka Karya – Kota Sabang. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Sabang, jaraknya hanya 850 meter saja.  Wisatawan dapat dengan mudah menuju ke sana dalam waktu kurang dari 5 menit. Wisatawan boleh mengambil rute Jalan Oentoeng Surapati dan Jalan Sultan Hasanudin, dengan begitu lokasi ini akan sangat mudah ditemui. Pantai ini tak kalah menarik. Beberapa onggok batu besar tersusun acak di sisi pantai, sekali-sekala ombak menabrak batu ini dan menimbulkan buncahan riak. Bak rindu yang membuncah. Barangkali itu sebabnya pantai ini layak dinamai Pantai Kasih. Semarak sekali pastinya. Di sana keindahannya menjadi sempurna dengan adanya tebing bersentuhan langsung dengan laut.

Pantai Kasih, Sabang


Pantai Sumur Tiga di Jl. H. Agus Salim, Ie Meulee, Kecamatan Suka Jaya – Kota Sabang. Pantai Tapak Gajah di Desa Ie Meulee Kecamatan Sukajaya – Kota Sabang. Pantai Anoi Itam di Kecamatan Sukajaya – Kota Sabang. Disebut Pantai Anoi itam karena memang pasir di pesisir pantai ini warnanya hitam. Pantai dengan riak yang tak henti-henti merarak rapi dan pandangan laut biru nan luas, syahdu sekali berada di sana, apalagi jika sedang bersama orang-orang yang kita sayang.

Ada juga Pulau Rubiah di Kecamatan Sukakarya – Kota Sabang, Pulau Klah di Desa Krueng Raya Sukakarya – Kota Sabang. Air Terjun Aneuk Laot di Batee Shock, Sukakarya – Kota Sabang. Gua Sarang di Desa Paya Kecamatan Sukajaya – Kota Sabang, dan beberapa mercusuar yang terdapat di sana juga kerap menjadi destinasi wisata yang tak kalah penting untuk dikunjungi, seperti; Mercusuar Balohan, Mercusuar Ie Meulee dan Mercusuar Ujong Asam.

Wisatawan juga tak boleh ketinggalan berkunjung ke Sabang Hill di Desa Kuta Barat Kecamatan Suka Karya – Kota Sabang. Di sini kita sejenak bisa merentangkan tangan, mengela nafas lega sembari menyaksikan keindahan Sabang dari bebukitan. Selayang pandang laut terbentang luas dengan beberapa kapal terlihat lalu lalang. Selain itu, ada Juga Bukit Klah di Desa Krueng Raya Kecamatan Suka Karya – Kota Sabang. Beberapa spot lainnya yakni  Tugu Simpang Garuda di Jl. Yos Sudarso, Kuta Ateuh Kecamatan Suka Karya – Kota Sabang. Tugu I Love Sabang di Desa Cot Ba’ u Kecamantan Suka Karya – Kota Sabang.

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya. Ada beberapa spot menarik untuk diving, di antaranya: Batee Tokong, The Canyon, Pulau Rondo dan Dataran Hiu. Semuanya itu ada di Pulau Weh, Sabang.

Masyarakat Sabang juga dikenal santun dan ramah. Selain khazanah budaya dan istiadat, wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam jajanan oleh-oleh dari Sabang, baik itu berupa assesoris bernuansakan Pulau Weh, Pakaian, Makananan seperi dodol Sabang, Bakpia dan lainnya.

Pulau Weh merupakan sebuah pulau kecil yang letaknya di barat laut pulau Sumatra, konon disebut Pulau Weh sebab pulau ini dahulunya tidak terpisah dari Sumatra, namun karena adanya letusan letusan gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen menyebabkan ia terpisah dari Sumatra. Weh, yakni dalam bahasa Aceh yang artinya pindah. Pindah dari tempat semula ke tempat lainnnya. Dengan demikian, Pulau yang terletak di laut Andaman ini akhirnya resmi dikenal sebagai Pulau Weh. Memilih berwisata ke Pulau Weh adalah pilihan yang sangat tepat bagi Anda dan keluarga.

0 Response to "Wisata ke Sabang - Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel