UA-153487531-1 Contoh Pidato Singkat. 10 Malaikat - Aini Aziz

Contoh Pidato Singkat. 10 Malaikat



Assalamualaikum warahmatullahi wa barakaatu..

Alhamdulillah.. Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wassalatu wassalamu'ala asyrafil anbiya-i wal mursalin,  wa'ala alihi wasahbihi ajma'in.

Segala puji marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Nabi akhir zaman yang telah mengangkat derajat menusia dari kebodohan menuju kecerdasan, dari kegelapan menuju cahaya yang terang benderang.

Selanjutnya, selawat dan salam tak lupa pula kita haturkan kepada sahabat baginda yang telah seayun langkah membantu perjuangan Rasulullah, dalam menyebarkan ajaran Islam, membangun peradaban mulia, hingga manisnya Islam bisa kita rasakan sekarang ini. 

Para sahabat adalah pendukung yang tak pernah surut selangkah pun dalam perjuangan Islam, tidak tunggang langgang meskipun di hadapan mereka musuh menghunus pedang. 

Adapun kemudian, kata-kata penghormatan saya kepada dewan guru yang hadir di sini, teman teman yang saya cintai, para juri serta orang tua dan wali santri yang kita muliakan.

Tujuan dari berdirinya saya di sini, tak lain dan tak bukan yakni untuk membincangkan sebuah tema yang tak asing bagi kita, yakni mengenai 10 Malaikat

Ma'asyaral muslimin, rahimakumullah
Kaum muslimin yang dirahmati Allah. 

Telah kita ketahui bahwa malaikat adalah ciptaan Allah yang sangat mulia. Jumlahnya tidak terbilang, berjuta laksa. Tugasnya, yakni beriman dan menghambakan diri kepada Allah. Mensucikan Allah. Dari begitu banyak jumlah malaikat, hendaknya kita wajib mengenal 10 Malaikat di antaranya. 

Teman-teman tahu, siapa saja kah yang sepuluh itu? 

Coba sebutkan! 

Baiklah, Mari kita sebut satu persatu 

Pertama: Jibril. 

Jibril adalah malaikat yang diberikan tugas oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul. Allah menyampaikan risalah-Nya melalui Jibril. 

Jadi, setiap ada kabar gembira, hukum, kisah, dan perintah, Allah mengutus Jibril untuk turun ke bumi, guna menyampaikannya kepada nabi dan rasul. Ketika turun ke bumi, tentu saja Jibril tidak dengan wujud aslinya.  Mengapa tidak? karena bumi ini sangat sempit, kecil sekali. Dalam galaksi Bimasakti, bumi hanyalah setitik kecil. Sedangkan ukuran Jibril sangat besar. Maka Jibril turun ke bumi dalam wujud manusia. Lalu, jika kita bertanya, kenapa bisa?  Tentu saja bisa. Allah Mahakuasa. 

Setelah Jibril, siapa lagi, saudara-saudara?

Kedua, Mikail

Mikail adalah malaikat yang ditugaskan Allah untuk membagi rezeki, menurunkan hujan. Hujan adalah sumber rezeki bagi kita. Coba lihat saja, jika ketiadaan hujan, sawah kering, sumur kering, tumbuh-tumbuhan mati. Bagaimana kita bisa memperoleh makanan dan minuman. Tak ayal kita akan mati kelaparan.

Ma'asyaral muslimin rahimakumullah. 

Kita patut bersyukur kepada Allah saat hujan turun. Bukan malah menggerutu karena tidak bisa beraktivitas di luar rumah. Pernah 'kan kita demikian? Saat turun hujan, bawaannya malas, kesal, sebab nggak bisa ke mana-mana. Setelah ini,  semoga kita tidak lagi  kesal terhadap hujan. Ada doa yang patut dibacakan ketika hujan turun.  "Ya Allah, cukuplah kepada kami hujan yang bermanfaat."


Ketiga, Israfil

Israfil tugasnya apa? Iya, Israfil bertugas meniupkan Sangkakala. Sangkakala adalah sebuah benda yang ketika ditiup maka akan terdengar seruan yang entah bagaimana bunyinya. Bunyi itu adalah isyarat, pertanda bahwa dunia ini telah berakhir. Bahwa kiamat tiba. Kita berdoa kepada Allah semoga tidak mendengarnya. Aamin ya Rabbal Alamin

Kaum muslimin yang dirahmati Allah.

Setelah itu, siapa lagi?

Keempat, Izrail

Izrail tugasnya mencabut nyawa. Sahabat sekalian, kita semua sudah pasti akan berjumpa dengan Izrail. Sebab yang hidup semua akan mati. Semua nyawa pada akhirnya akan dicabut. Entah bagaimana rupaya, yang jelas Izrail ini adalah yang tergarang dari kalangan malaikat. Mari saya ceritakan kenapa Izrail terpilih sebagai malaikat pencabut nyawa. 

Kabarnya, ketika Allah memerintahkan malaikat lain untuk mengambil seonggok tanah yang akan digunakan untuk menciptakan manusia, yakni Nabi Adam, maka tak ada satu pun yang mampu. Tidak ada yang  sanggup untuk hal itu. Nah, Malaikat Izrail menyanggupinya. Maka ditetapkanlah bahwa Izrail sebagai pencabut nyawa. 


Kelima, Munkar

Keenam, Nakir

Munkar dan Nakir tugasnya sama yakni menanyai manusia di dalam kubur. Setiap yang mati maka ia memasuki alam barzah (kubur), yakni persinggahan sebelum akhirnya kembali ke kampung akhirat. Di alam kubur, setiap manusia akan didatangi oleh Munkar dan Nakir, tepat saat sanak keluarga berbalik langkah untuk pulang seusai menguburkan jenazah. 

Maasyaral muslimin rahimakumullah

Apa saja kah yang ditanya? Tentu saja tentang keimanan kita

Ma-rabbuka - siapa Tuhanmu?
Man-nabiyyuka? - siapa nabimu?
dan lainnya, mengenai keimanan kita.

Jawaban atas pertanyaan ini akan mudah sekali bagi orang-orang yang semasa hidupnya dipenuhi dengan iman dan takwa. Namun, akan menjadi sumber petaka bagi yang sepanjang usia dilalui dengan kemaksiatan.

Ketujuh, Raqib

Kedelapan, Atid

Raqib dan Atid tugasnya sama yakni mencatat amalan manusia sehari-hari. Raqib mencatat amal baik sedangkan Atid mencatat amalan buruk. Tidak ada satu aktivitas pun terlewatkan tanpa tertulis dalam buku catatan amalan kita. Kelak, di akhirat, catatan itu akan digantungkan pada masing-masing kita, akan dimintai pertanggungjawaban atas segala hal, tidak tersilap sedikit pun. Akurat. 

Bahkan, setiap niat baik akan dicatat. Namun tidak dengan niat jahat. Dipending dulu hingga kita benar-benar melakukan kejahatan itu.  Maka, jika masih terbesit niat berbuat jahat, urungkanlah, agar tidak menjadi catatan amal yang kelak akan diminta pertanggungjawaban.

Kesembilan, Malik

Malaikat Malik tugasnya menjaga pintu neraka. Bisa dibayangkan, mukanya sangar. Semoga kita tidak akan melihat wajah Malaikat Malik, Aamiin ya Rabbal 'alamin.

Kesepuluh, Rizwan

Malaikat yang terakhir disebutkan dalam 10 Malaikat yang wajib diketahui yaitu Rizwan. Apa tugasnya, saudara-saudara? 

Benar. Menjaga pintu surga. Berdoalah kepada Allah agar kelak kita disambut oleh Rizwan. Dibukakan pintu dan dipersilahkan masuk kedalam surga yang di dalamnya segala keindahan yang tak ada di dunia ini. Aamiin ya Rabbal 'alamin. 

Nah, ma'asyaral muslimin rahimakumullah..

Demikianlah pitado singkat saya pada hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Yang baik datangnya dari Allah, sedangkan keburukan dari diri saya sendiri. Hendaklah dibukakan pintu maaf. 

Billahi taufik wal hidayah, assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

0 Response to "Contoh Pidato Singkat. 10 Malaikat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel